Tips Aman Mengemudi Ketika Musim Hujan Telah Tiba

Saat ini Indonesia sedang memasuki musim hujan, musim hujan membuat jalanan menjadi licin dan jarak pandang menjadi pendek. Sehingga diperlukan kendaraan yang prima serta kemampuan mengemudi yang memadai agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan.

Sebagai  pengendara yang cerdas, kita harus mampu untuk meningkatkan kewaspadaan agar tetap aman dan selamat saat berkendara meski hujan lebat sedang turun. Berikut beberapa tips mengemudi disaat musim hujan:

Kondisi Pengemudi & Mobil Harus Prima
Mengemudi saat hujan diperlukan konsentrasi tinggi, karena jarak pandang dan jarak pengereman yang tidak sebaik saat kondisi cerah. Pengemudi harus selalu dalam keadaan prima, apabila anda mengantuk, akan sangat membahayakan, disarankan untuk menepi terlebih dahulu jika anda mengantuk. Pastikan juga kondisi kendaraan selalu dalam kondisi prima disaat musim hujan, apabila anda menggunakan mobil Suzuki, selalu servis di bengkel resmi Suzuki Sejahtera Buana Trada (SBT). Pastikan tekanan ban dalam keadaan baik, agar tidak mengalami aquaplaning.

Agar selalu prima di musi hujan, selalu servis kendaraan Suzuki anda di bengkel resmi Sejahtera Buana Trada.
Agar selalu prima di musi hujan, selalu servis kendaraan Suzuki anda di bengkel resmi Sejahtera Buana Trada.

Atur Jarak Aman Kendaraan
Selalu atur jarak kendaraan anda dengan kendaraan didepan anda, karena ketika hujan, jarak pengereman menjadi panjang ditambah jarak pandang juga berkurang. Pastikan jarak kendaraan anda dengan kendaraan didepan anda cukup jauh, sehingga jika terjadi selip atau mengerem mendadak, anda bisa memanfaatkan jarak untuk mengerem dengan aman.

 

Kurangi Kecepatan
Ketika kondisi basah, daya cengkram ban mobil dengan permukaan jalan menjadi berkurang, sehingga anda anda bisa tergelincir apabila kecepatan terlalu tinggi. Pastikan kurangi kecepatan kendaraan anda agar mobil bisa stabil diatas jalanan yang basah.

Selalu kurangi kecepatan

Nyalakan Lampu Dan Jangan Gunakan Lampu Hazard
Ketika hujan terlalu lebat dan jarak pandang semakin pendek, nyalakanlah lampu mobil anda. Fungsi dari menyalakan lampu mobil, agar kendaraan yang berpapasan dengan anda bisa mengetahui keberadaan kendaraan anda. Jangan sekali-kali menyalakan lampu hazard, karena lampu hazard akan membuat pengemudi dibelakang anda kebingungan ketika akan berbelok.

Nyalakan lampu depan anda dikondisi hujan.

Berhenti Jika Hujan Terlalu Lebat
Ketika hujan sangat lebat, kemudian jarak pandang sudah sangat pendek, jalanan juga banjir. Sebaiknya anda segera mencari tempat aman disisi jalan, agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Selalu pilih jalan yang tidak rawan tergenang air, karena genangan air dapat merusak mobil anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of