Kehebatan Mesin Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid merupakan mobil dengan mesin Diesel Hybris pertama di Indonesia. Mesin ini mempunyai teknologi Smart Hybrid Vehicle System (SHVS) by Suzuki dan Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini memungkinkan mesin bekerja secara efektif, efisien namun tetap irit dan bertenaga.

Terdapat beberapa perbedaan antara mesin Diesel Hybrid dengan Diesel Konvensional. Jika dalam mesin diesel konvensional, tarikan bawah terasa berat, maka pada mesin Ertiga Diesel Hybrid, mobil tetap mampu berakselerasi dengan baik namun tetap irit bahan bakar.

 

Mesin Ertiga Diesel Hybrid dengan teknologi SHVS
Mesin New Ertiga Diesel Hybrid dengan teknologi SHVS

 

 

Rahasia dari akselerasi yang bertenaga berasal dari penggunaan komponen ISG yang disematkan Suzuki Indonesia pada New Ertiga Diesel Hybrid. ISG memungkinkan mesin bisa berakselerasi dengan lebih bertenaga, karena komponen ISG ini membantu kinerja komponen mesin utama yang menggerakan roda. Pada mesin diesel konvensional, mesin utama bekerja secara independen, sehingga akselerasi pada putaran bawah akan terasa tidak bertenaga.

SHVS Pada Ertiga Diesel Hybrid

Teknologi SHVS membuat mobil ini menjadi irit. Hal ini disebabkan fitur  Idle Start-Stop yang bisa diaktifkan maupun dimatikan.  Idle Start-Stop merupakan teknologi dimana ketika mobil dalam keadaan berhenti di lampu merah ataupun kemacetan, mesin utama akan otomatis mati dan akan menyala kembali saat pedal gas diinjak. Fitur ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi efektif dan efisien. Untuk menghidupkan mesin ini, pengemudi harus menginjak pedal kopling lalu memutar kunci ke posisi ON.

Teknologi Hybrid Suzuki

Ada beberapa syarat agar fitur  Idle Start-Stop pada New Ertiga Diesel hybrid berfungsi. Pengemudi harus mengaktifkan terlebih dahulu tombol ISS dengan logo huruf A. Tombol ini berdekatan dengan tombol pengatur cahaya lampu utama.

Pengemudi juga harus menggunakan seatbelt, dan semua pintu harus dipastikan terkunci termasuk kap mesin.Idle Start-Stop akan berfungsi jika mobil melaju dengan kecepatan 3km/jam, lalu saat mobil berhenti kaena macet, posisi gigi harus netral dan lepas kopling. Untuk menyalakannya kembali, pengemudi hanya perlu menginjak pedal kopling. Ketika fitur ini aktif, mesin akan mati, sehingga ISG akan menyalurkan listrik hanya ke battery saja. http://www.suzuki-mobil.co.id/